Simpliciter et Confidenter

Simpliciter et Confidenter adalah semboyan atau motto Mgr. van Hooydonk, pendiri tarekat MTB.
Secara harafiah artinya kesederhanaan dan iman-keyakinan. Iman membuat orang yakin dengan teguh akan harapannya yang terbungkus dalam cita-cita yang sedang dalam perjuangan untuk direalisasikan meskipun menghadapi berbagai rintangan. Berbekal keyakinan yang mengandalkan kekuatan Allah kita tidak tergoda mengambil cara rumit dan berbelit-belit menurut perhitungan manusiawi dalam memperjuangkan realisasi cita-cita luhurnya. Ibaratnya, bagaikan seorang pendekar mahasakti yang yakin akan kemampuannya, maka sikapnya akan sangat bersahaja tanpa gertakan tanpa pamor yang dibuat-buat.
Demikian pula orang yang bersikap sederhana, berpikir sederhana, akan lebih gampang untuk menjadi yakin akan apa yang ditawarkan padanya. Dia gampang yakin baik untuk menerima serta menyetujui ataupun gampang yakin untuk menolak. Yesus memuji dan bersyukur atas kesederhanan yang membawa orang menjadi gampang beriman. (Mt 11:25) "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil." Orang yang pandai berdiskusi dan berdebat biasanya tidak gampang yakin akan ‘kebenaran’ orang lain dan juga tidak gampang untuk membangun keyakinan diri sendiri.
Simpliciter et Confidenter, berbekal iman-keyakinan para saudara MTB dengan semangat dan sikap sederhana ingin membangun persaudaraan sejati dalam hidup bersama.

St Mary and the Child