Menjadi Bruder

Bruder atau brother atau frater adalah 3 kata dari 3 bahasa yang berbeda, yakni bahasa Belanda, Inggris dan Latin. Ketiga kata itu secara harafiah artinya sama: saudara. Menjadi seorang brother atau bruder berarti ingin menjadi saudara bagi sesama, bersikap sebagai saudara, abang, kakak atau pun adik terhadap orang lain.
Menjadi seorang brother atau bruder dengan jalan bergabung dengan suatu persekutuan persaudaraan atau disebut sebagai kongregasi atau tarekat.
Kongregasi atau tarekat bruder atau suster (bagi perempuan) dalam Gereja Katolik merupakan persekutuan hidup religius atau hidup membiara.  Artinya landasan dan alasan utama menempuh cara hidup membiara ini ialah iman.Dalam hal ini yakni iman akan Yesus Kristus, Almasih yang melalui peristiwa hidupNya telah menunjukkan & menjadi jalan Keselamatan bagi Umat Allah.
Seseorang menjadi bruder dengan menyatakan diri secara publik, secara resmi dalam gereja Umat Allah, atau disebut juga mengucapkan tri-prasetya atau menjanjikan 3 kaul yaitu: kemiskinan, ketaatan dan kemurnian.
Ingin kontak?  Andah terpanggil juga?

St Mary and the Child